Kamis, 05 Februari 2009

Menjaga Kulit Mulus & Sehat


Kulit menjadi perisai untuk menghadapi kondisi luar macam radikal bebas, sinar UV, polusi dan debu. Selain unsur dalam tubuh seperti stres dan gangguan hormonal. Kalau tak terjaga, kulit bisa menjadi kusam, keriput atau muncul gejala penuaan dini. Padahal menjaga kulit tetap mulus dan sehat tidaklah sulit, asal kita tahu kiatnya.
Seperti apakah kecantikan kulit seorang wanita? Banyak yang percaya , kulit sehatlah yang bikin cantik atau cantik lantaran sehat. Dibolak-balik seperti apa pun, kuncinya adalah cantik dan sehat luar dalam.

Seiring berjalannya waktu, semakin meningkat usia seorang wanita, akan turun pula kemampuan alamiah kulitnya. Terjadilah proses penuaan, umumnya berlangsung pada awal usia 30-an, dengan munculnya kerut-merut halus di sudut mata dan bibir. Secara genetik, orang berkurit kering cenderung lebih cepat keriput ketimbang yang berminyak atau normal. Demikian pula orang yang berkulit hitam cenderung lebih terlindung dari gangguan terbakar sinar matahari atau ultraviolet yang bisa mempercepat penuaan kulit ketimbang orang yang berkulit putih.
Keadaan kulit merupakan cerminan kondisi kesehatan dan kehidupan seseorang. Kulit sehat cerminan kondisi tubuh sehat. Sebaliknya, kulit kusam kurang bercahaya bisa menjadikan indikasi tubuh tidak dalam kondisi fit.
Mengapa bisa begitu? Karena kulit memiliki banyak fungsi lain di luar sebagai indera perasa dan selubung tubuh dari ancaman kondisi alam sekitar. Kulit ikut membantu mengatur suhu tubuh, juga melindungi dari virus/bakteri, dan yang tak kalah pentingnya menjalankan fungsi sekresi serta pengeluaran cairan.
Pada fungsi sekresi, kulit mengeluarkan semacam minyak yang dinamakan sebum guna mempertahankan kelembapan dan kehalusan kulit. Sedangkan pengeluaran cairan berupa air keringat untuk mengatur suhu tubuh agar tetap dalam batas normal.
Secara garis besar, lapisan kulit paling luar adalah kulit ari (stratum corneum) yang tipis seperti kulit bawang. Dibawahnya terdapat berbagai organ, antara lain pembuluh darah, kelenjar keringat, bermacam-macam instrument saraf. Lebih dalam lagi ada jaringan lemak yang tebal. Lapisan berikutnya otot (daging) dan tulang yang bukan lagi bagian dari kulit.
Sesuai proses alam, sebenarnya setiap 28 hari sekali sel-sel kulit akan beregenerasi atau meremajakan diri. Sel kulit yang semula berbentuk bulat akan naik ke permukaan kulit dan berubah bentuk menjadi gepeng, sebelum akhirnya mati serta menjadi bagian dari lapisan kulit ari.
Pada kondisi kulit menua, yang terjadi sebaliknya. Lapisan kulit luar yang mengandung sel-sel kulit hidup dan lapisan tempat berbagi pembuluh dari kelenjar, menipis. Sedangkan lapisan kulit ari justru menebal, karena sel-sel kulit pada mati atau dakinya terus menumpuk.
Wujud penuaan dini bisa dilihat dengan munculnya bercak-bercak coklat kehitaman (melasma), munculnya garis halus atau keriput, berkurangnya elastisitas, pori-pori tampak lebih besar, kulit menjadi kering, kusam dan lebih kelam. Bila tak segera ditangani bercak-bercak hitam yang umumnya dijumpai pada kulit wanita, bisa makin meluas.
Sinar ultraviolet (UV) matahari terutama UV B yang berdaya penetrasi kuat disebut-sebut sebagai penyebab nomor satu dalam kasus penuaan dini (premature aging). Memang, kasus ini banyak dijumpai pada bagian tubuh yang terbuka, seperti wajah, lengan dan kaki.
Selain paparan sinar panas matahari yang berlebihan, ada beberapa faktor lain yang turut "merusak" kulit. Antara lain, rendahnya kelembabpan udara, ruang ber-AC, paparan angin, polusi udara, air, serta limbah beracun. Tak terkecuali, hal-hal yang berkaitan dengan pembentukan radikal bebas atau elektron sisa pembakaran dalam tubuh yang tidak berpasangan. Karena tidak berpasangan, radikal bebas akan menjadi reaktif lalu menarik molekul lain sehingga cenderung merusak. Genetik, ras, dan hormon juga bisa mempengaruhi penuaan kulit.

Pencegahan
Perawatan dari dalam
Konsumsi makanan sehat dengan gizi dan vitamin yang cukup, seperti Vitamin A, B-kompleks, C dan E, sangat dibutuhkan untuk membantu sirkulasi darah pada kulit, mempertahankan kelenturan dan kekencangan kulit, mencegah oksidasi lemak yang berbahaya dan menunda proses penuaan kulit.
Minum air yang banyak. Air berfungsi sebagai media untuk mengangkut dan membuang zat-zat yang tidak dibutuhkan tubuh.
Olahraga bisa merangsang sirkulasi darah, memperbaiki nutrisi sel dan membuat tubah bugar dan sehat. Sehingga kulit kita pun akan terlihat sehat dan segar.

Perawatan dari luar
Gunakan tabir surya sebagai bagian dari kegiatan rutin sehari-hari di luar rumah atau di bawah paparan matahari langsung. Pakailah tabir surya berspektrum lebar dengan faktor pelindung surya (SPF) sekurang-kurangnya 15. Spektrum lebar berarti memberi perlindungan terhadap radiasi ultraviolet A dan B. Oleskan tabir surya pada semua bagian kulit yang terkena paparan sinar matahari. Gunakan tabir surya 30 menit sebelum terkena paparan matahari.
Cocokkan kosmetik yang dipakai dengan jenis kulit Anda. Yang berbahan dasar minyak cocok bagi kulit kering. Yang berbahan dasar air cocok untuk kulit berminyak.
Bersihkan dulu rias mata sebelum membersihkan muka. Gunakan kapas wajah agar tidak merusak jaringan lembut di sekitar mata.
Gunakan pelembab. Kadar lapisan minyak di kulit akan berkurang antara lain bisa akibat pemakaian sabun, make-up, bahan kimia dan pendingin ruangan. Untuk menjaga kelembapan kulit akan lebih baik jika kita memakai pelembap.
Hindari kontak langsung dengan matahari, terutama pada pukul 10.00 pagi hingga pukul 14.00 siang. Soalnya, sinar matahari bisa merusak serat elastin yang membuat kulit lentur, juga kolegan yang membentuk dan mempertahankan jaringan kulit, gunakan topi, payung atau baju lengan panjang. Selain itu, pakai tabir surya.

Rumitnya Kulit :

Kompleksitas kulit manusia seringkali kurang dipahami. Tahukah Anda, 1 cm2 kulit rata-rata berisi 1 m pembuluh darah, 100 kelenjar keringat, 3000 sel sensor di ujung serabut saraf, 4 m saraf, 25 instrumen perasa, 200 ujung saraf perasa sakit, 2 instrumen perasa dingin, 12 perasa panas, 10 rambut dan 15 kelenjar minyak.

Aneka Resep


Resep1 : Pegagan, kunyit, kapulaga
1 genggam daun pegagan, 1 genggam daun sinom/daun muda pohon asam jawa, 2 jari rimpang kunyit, 2 rimpang kencur, 1 jari kayu manis jangan, 5 biji kapulaga. Semua itu dicuci bersih lalu direbus dengan 3 gelas air hingga tinggal separuhnya. Tambahkan sedikit gula aren dan air asam atau perasan jeruk nipis. Saring. Ramuan ini diminum 2 kali sehari.

Resep 2 : Kenanga dan temu giring
5 kuntum bunga kenanga, 5 jari rimpang temu giring, 1 buah kulit jeruk purut. Semua bahan itu dicuci bersih lalu ditumbuk hingga halus. Peras dan saring. Airnya dioleskan pada wajah dan biarkan selama beberpa saaat. Lakukan hal ini setiap hari sesuai kebutuhan.

Resep 3 : Stoberi
Beberapa butir stoberi dijus lalu diberi sedikit susu cair. Oleskan ramuan ini ke seluruh wajah dan diamkan semalaman. Setelah itu wajah dibilas dengan air hangat.

Resp 4 : Air teh basi
Seduh daun teh secukupnya dengan 1 gelas air panas. Diamkan sampai satu hari satu malam. Keesokan harinya, gunakan air teh basi ini untuk mencuci wajah. Diamkan selama beberapa menit setelah itu bilas.

Resep 5 : Tomat
Sebutir tomat dicuci bersih, dipotong menjadi 4 bagian lalu oleskan pada wajah. Biarkan sempai kering. Kemudian, wajah dicucu dengan air hangat.

Resep 6 : Jeruk nipis dan minyak kayu putih
Sebutir jeruk nipis dipotong, lalu diperas untuk diambil airnya. Campurkan air perasan jeruk nipis ini dengan 1 sdm minyak kayu putih, tambahkan sejumput kapur sirih, lalu aduk hingga merata. Gunakan ramuan ini sebagai bedak pada malam hari. Ramuan ini cocok untuk mencegah keriput pada wajah.

Resep 7 : Pisang ambon lumut, pisang emas
a) Pisang ini berkhasiat untuk memperhalus kulit. Oleh karena itu, makanlah pisah ini sesering mungkin. b) Gosokkan kulit pisang emas bagian dalam ke telapak tangan agar halus.

Resep 8 : Buah mengkudu
Untuk kulit bersisik, satu buah mengkudu matang diremas-remas, lalu digosokkan pada kulit yang bersisik. Diamkan selama 15 menit, kemudia cuci dengan air hangat.

Resep 9 : Buah alpukat
Daging buah alpukat juga bisa untuk menghaluskan kulit. Caranya, ambil buah alpukat secukupnya. Diblender, kemudia dibalurkan pada seluruh muka tangan. Sebaiknya sebelum dibalurkan, muka dan tangan dibersihkan dulu dengan air hangat. Gunakan sebelum mandi sore hari.

Resep 10 : BUah kentang
Untuk mengatasi kulit berminyak, gunakan dua buah kentang yang dihancurkan hingga lembut, lantas pakai sebagai bedak hingga merata selama 20 menit. Sesudah itu wajah dibersihkan dengan air bersih.

Resep 11 : Daun seledri
Kulit berminyak juga dapat diatasi dengan daun seledri. Caranya ambil daun seledri secukupnya, iris kecil-kecil lalu masukan ke dalam mangkok yang berisi air mendidih dan biarkan selama 20 menit. Simpan dalam lemari es. Gunakan pada malam hari untuk mengoles-oles kulit muka. Setelah kering dibersihkan.

Resep 12 : Buah apel
Untuk kulit kering bisa diredam dengan buah apel. Caranya, iris tipis-tipis buah apel. Lalu airnya digosokkan pada kulit muka dan biarkan sampai mengering, setelah itu bersihkan dengan air dingin.

Resep 13 : Buah mentimun
Buah mentimun dapat dipergunakan untuk menghaluskan kulit muka. Mentimun diiris-iris kemudian airnya dipergunakan untuk membasuh muka. Kulit muka akan menjadi segar.

Resep 14 : Kemuning
Daun kemuning segar 30gr dicuci, dulumatkan. Tambah 1 gelas air bersih sambil diaduk, lulurkan adonan pada kulit yang kasar.

Resep 15 : Tomat
Untuk haluskan wajah. Tomat merah tua diperas. Oleskan airnya kewajah setiap hari.

Resep 16 : Wortel
2-3 wortel dikupas, dicuci, diparut, diperas. Airnya oleskan kewaja agar halus. Atau, parutan langsung untuk masker.

Minuman Sehat

Jus sari bayam alpukat
Untuk memelihara kesehatan kulit. Bahan: 50gr daun bayam, 200gr alpukat, 400ml air, 1 sdm madu. Cara membuat: bayam direbus dengan 400mi air sampai sisa air kemudian diblender bersam sampai halus. Selanjutnya disaring tanpa diberi madu terlebih dahulu. Lantas masukan kedalam lemari es supaya dingin. Penggunaan: minum 3 kali seminggu sesudah makan.

Jus mentimun seledri
Berkhasiat menjaga kesehatan kulit. Bahan:200gr mentimun, 50gr seledri, 2 sdm madu, 2 sdm sari jeruk nipis, 100ml air dingin atau es. Cara membuat: semua bahan dimasukkan ke dalam juicer. Jus ini diminum 3 kali seminggu sesudah makan.
____________________________________________________________________________
flona serial

Tidak ada komentar: